Sabtu, 25 Oktober 2008

Pentingnya Pemadam Kebakaran


Musim Kemarau amat memilukan bagi masyarakat khususnya masyarakat petani. Sawah ladang mengalamai kekeringan, kekurangan air dan tanaman jadi layu sebelum mengembang (mirip lagu kali'). Kemarau atau pun Penghujan, bagi seluruh masyarakat amat diharapkan untuk berhati-hati akan bahaya kebakaran. Kebakaran merupakan musibah yang dapat menimpa siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Tidak mengenal si kaya, si miskin, tua dan muda. Tidak mengenal malam, pagi, siang dan sore. Tidak mengenal rakyat biasa, pejabat maupun pensiunan. Tidak mengenal

pangkat dan jabatan, dia mampu menguasai apa pun kalo Allah Swt menghendaki, maka datanglah musibah dan menimpa sang makhluk-NYA.

Seperti halnya kejadian beberapa pekan terakhir, hujan turun mengguyur kota Bantaeng namun kebakaran tidak mampu terelakkan. Banyak hal yang menjadi penyebab terjadinya kebakaran. Meninggalkan rumah dengan kondisi Kompor sedang atau masih menyala, hubungan arus pendek, sambaran petir ataukah dengan sengaja membakarnya serta masih banyak lagi penyebab lainnya.



Kehadiran Pemadam Kebakaran di Bantaeng amat membantu mengurangi resiko kebakaran yang dapat menjalar dan membesar seketika. Sehingga kemungkinan terjadinya kebakaran besar atau massal dapat terhindarkan, Insya Allah. Emergency 113 yang akrab disebut buat Tim Pemadam Pemadam Kebakaran Kab. Bantaeng, dapat dihubungi dengan nomor telepon darurat 113 atau 0413-21113. Dapat pula dihubungi dengan layanan khusus melalui nomor 0413-22724.

Di saat ada panggilan masuk melalui pesawat telepon maupun Radio Pemantau (Radio Amatir 2 Meter Band, frekuensi khusus yang tergabung dalam ikatan ORARI), segenap Kru Pemadam Kebakaran bergegas memakai perlengkapan Anti Api, menaiki Mobil masing-masing yang berjumlah 5 buah, mereka pun segera menuju lokasi kebakaran. Maka terdengarlah bunyi sirine di seantero kota Bantaeng yang terbilang kecil sehingga bunyi sirine yang memang sangat nyaring dapat terdengar di mana-mana. Masyarakat pun tersentak mendegarnya dan akan berkata, "Ya Allah semoga apinya dapat cepat dipadamkan dan tidak merembes ke tempat yang lain".

Pemadam Kebakaran Bantaeng telah banyak berjasa terhadap usaha pemadaman api di beberap wilayah, baik di sekitar Bantaeng maupun Bulukumba, Sinjai dan Jeneponto. Betapa tidak, armada Mobil Pemadam Kebakaran yang dimiliki Bantaeng lebih lengkap dan memiliki teknologi yang lebih canggih dengan kekuatan yang besar dalam menyemprotkan air dibandingkan dengan armada yang dimiliki kota lainnya, khususnya para tetangga Bantaeng.



Di antara lokasi pemadaman yang berhasil dipadamkan berkat bantuan Pemadam Kebakaran Bantaeng adalah Pasar Sentral Bulukumba dan Pasar Tarowang Jeneponto.

Kegigihan Pemadam Kebakaran Bantaeng dalam memadamkan api tidak terlepas pula dari pengalaman yang telah dimiliki oleh Kru Pemadam. Latihan demi latihan, jam terbang yang di atas rata-rata serta pemahaman tentang teknik pemadaman telah dimilikinya. Dan yang terpenting adalah jiwa kemanusiaan yang terpatri di hati mereka dalam menolong orang yang tertimpa musibah kebakaran.

...Selamat Berjuang Para Penolong...

1 komentar:

Sirine mengatakan...

Pemadam kebakaran bisa dianggap sebagai salah satu pahlwan..
salam dari kami
TOA, dan Sirine,

Posting Komentar

Komentar Anda menjadi masukan buat kami

Desain oleh : Ambae.exe_Blogspot Ambae.exe_Friendster Ambae.exe_Blog-Friendster potret-butta-toa.blogspot.com