Sabtu, 25 Oktober 2008

Pelatihan Komputer


Melihat fenomena yang terjadi dewasa ini, Komputer sangat dibutuhkan di berbagai bidang. Jenis dan ragam komputer bermunculan. Komputer telah menguasai hampir seluruh sektor dan segala aktifitas di dalamnya.

Dengan Komputer orang dapat membaca berita, membuat dan mengedit surat, mendesain rumah, merencanakan dan menyusun sebuah jadwal, mengkaji permasalahan, merangkum dan mengatur Anggaran dalam sebuah manajemen terpadu dan

sebagainya. Bahkan dengannya kita dapat menghibur diri dengan memainkan beberapa permainan yang dapat membantu mengisi waktu luang maupun ingin lebih ditekuni lebih mendalam.

Namun dengan kehadiran komputer, dibutuhkan Sumber Daya Manusia yang mampu mengoperasikannya. Sang OPERATOR yang lazim disebut adalah orang yang mampu mengoperasikan seperangkat Komputer. Menguasai teknik pengoperasian Komputer berarti telah menguasai sebagian kebutuhan manusia akan komputer. Karena sebuah Komputer erat kaitannya dengan seorang Operator walaupun sekarang telah lahir Komputer yang tidak lagi membutuhkan seorang Operator.







Ambae.exe memandang permasalahan ini perlu disikapi secara nyata dengan mengadakan pelatihan calon Operator, minimal mampu menghidupkan dan mematikan sebuah Komputer. Berlangsung sejak tanggal 6 hingga 22 Oktober 2008, Ambae.exe menggelar pelatihan tersebut yang ditujukan khususnya pada anak didik usia SMA (berkisar 16 sampai 18 tahun). Pelatihan tersebut berhasil menghadirkan ratusan siswa-siswi SMA dari berbagai SMA di Kabupaten Bantaeng, Jeneponto dan Bulukumba. Salah satu sekolah dari luar Bantaeng yang paling banyak mengikuti Pelatihan ini adalah SMA Neg. 1 Batang Jeneponto. Para siswa-siswi begitu antusias mengikuti pelatihan tersebut.

Beberapa materi yang disajikan antara lain :
1. Pengenalan Komputer (Perangkat dan Dasar Pengoperasian)
2. Pengenalan Sistem Operasi (Windows dan Linux)
3. Pengenalan Pengeditan (Layout, Animasi dan Editing Grafis)
4. Pengenalan Internet (Pembuatan email, Browsing dan Chatting)
5. Pembuatan Blog (Blogspot dan Friendster)
6. Pengenalan Jaringan Komputer (LAN dan WAN)
7. Pengenalan Dasar Perbaikan Komputer (Service dan Maintenance)







Para siswa dan siswi dituntun/diarahkan oleh para kru yang tergabung dalam Tim Ambae.exe yang berpengalaman. Diharapkan pelatihan semacam ini dapat dilaksanakan oleh banyak pihak khususnya yang diadakan bagi para siswa-siswi yang berada di Bantaeng maupun tetangga Bantaeng yakni Bulukumba dan Jeneponto. Namun tidak menutup kemungkinan para pemuda/pemudi dan anak putus sekolah bahkan orang tua dan siapa saja yang berniat ingin menguasai komputer mendapat pelatihan serupa. Dengan melahirkan tenaga-tenaga terampil yang pada dasarnya angat membutuhkan pengetahuan semacam ini namun tidak memiliki biaya yang cukup untuk mengikuti kursus di sebuah
Tempat Kursus, maka tujuan Bantaeng menjadi Kota Cyber mampu disongsong dengan kehadirannya. Minimal para OPERATOR dapat bekerja dengan bermodalkan keterampilan dan keahlian yang telah mereka miliki.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda menjadi masukan buat kami

Desain oleh : Ambae.exe_Blogspot Ambae.exe_Friendster Ambae.exe_Blog-Friendster potret-butta-toa.blogspot.com